UMP dan UMK Riau 2026 Naik, Kota Pekanbaru Jadi UMK Tertinggi

PEKANBARU – BIARAJALAH.COM,Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2026 yang akan berlaku mulai 1 Januari 2026. Penetapan ini merupakan hasil kesepakatan antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau bersama Dewan Pengupahan, serta telah disetujui oleh Plt Gubernur Riau.

UMP Riau 2026 ditetapkan sebesar Rp3.780.495, naik sekitar 5,64% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, UMK kabupaten/kota di Riau juga mengalami kenaikan dengan rentang 5,64% hingga 8,77%. Kota Pekanbaru menjadi kota dengan UMK tertinggi, yaitu Rp3.998.179, naik 8,77% dari tahun sebelumnya.

Berikut adalah besaran UMK kabupaten/kota di Riau:

– Kota Dumai: Rp4.431.174,69
– Kabupaten Bengkalis: Rp4.155.317,75
– Kabupaten Siak: Rp4.001.327,33
– Kota Pekanbaru: Rp3.998.179,46
– Kabupaten Indragiri Hulu: Rp3.988.406,31
– Kabupaten Kuantan Singingi: Rp3.949.466,98
– Kabupaten Kampar: Rp3.898.260,58
– Kabupaten Pelalawan: Rp3.894.260,58
– Kabupaten Rokan Hulu: Rp3.819.353,01
– Kabupaten Rokan Hilir: Rp3.783.052,90

Sementara itu, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ditetapkan mengikuti besaran UMP Provinsi Riau, yaitu Rp3.780.495.

Kenaikan UMP dan UMK ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan mengurangi kesenjangan ekonomi di Riau. Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota akan terus memantau pelaksanaan upah minimum ini untuk memastikan bahwa pekerja mendapatkan hak-haknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *